Senin, 29 Agustus 2016

4 Cara Mendidik Anak Agar Pintar Membaca Al Quran Sejak Dini


Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya bisa pintar membaca Al Quran sejak dini. Nah, cara mendidik anak agar pintar membaca Al Quran yang tepat harus diterapkan oleh para orang tua agar anak-anaknya pintar dalam membaca Al Quran. Belajar membaca Al Quran sejak dini lebih mudah bagi anak-anak. Selain itu, dengan belajar membaca Al Quran sejak dini maka pelajaran yang diterima akan lebih melekat pada ingatan anak. Hal ini dikarenakan pada usia dini yaitu 1-5 tahun anak masih dalam masa emasnya.

Cara Mendidik Anak Agar Pintar Membaca Al Quran

Sering Perdengarkan Audio Al Quran

Cara mendidik anak supaya pintar membaca Al Quran yang pertama adalah dengan sering memperdengarkan suara ayat-ayat suci Al Quran kepada anak-anak. Belajar membaca Al Quran melalui audio ini sangat efektif dan mudah diterima oleh anak. Dengan sering memperdengarkan audio Al Quran juga bisa merangsang kecerdasan anak.

Gunakan Gambar Huruf Hijaiyah

Agar anak pintar membaca Al Quran cara lainnya yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan media gambar huruf hijaiyah. Pengenalan huruf hijaiyah melalui gambar yang menarik lebih mudah untuk diterima dan diingat oleh anak-anak. Jika diperlukan cara mendidik anak biar pintar membaca Al Quran sebaiknya menggabungkan media audio dan visual.

Gunakan Buku Iqra’

Agar anak semangat dalam belajar membaca Al Quran orang tua bisa memberikan bacaan iqra’ sesuai dengan jenjang umurnya. Untuk anak-anak iqra’ yang digunakan dimulai dari iqra’ pengenalan huruf hijaiyah. Cara mendidik anak supaya pintar dan cerdas dalam membaca Al Quran dengan iqra’ ini sangat efektif untuk dilakukan.

Konsumsi Vitamin Penambah Kecerdasan Anak

Untuk mendukung belajar anak dalam membaca Al Quran orang tua juga memberikan asupan tambahan berupa vitamin untuk menambah kecerdasan anak. Vitamin penambah kecerdasan anak yang direkomendasikan adalah madu BrainQu. Madu ini merupakan multivitamin perangsang otak anak agar bisa menjadi lebih cerdas dan cepat menangkap pelajaran membaca Al Quran.
Mendidik anak untuk membaca Al Quran sejak dini adalah kewajiban setiap orang tua. Gunakan cara mendidik anak agar pintar membaca Al Quran yang menyenangkan agar anak-anak tertarik membaca Al Quran. Diawali dengan tertarik untuk membaca Al Quran maka akan timbul rasa cinta terhadap Al Quran dalam hati anak-anak. Dengan demikian keimanan dan ketakwaan anak sudah dipupuk sejak dini.

Cara mendidik anak agar pintar membaca Al Quran dilakukan sejak dini dengan cara sering mendengarkan audio Al Quran dan menggunakan media belajar yang menyenangkan.


1 komentar:

  1. Ngomongin tentang kebutuhan anak emang ga ada abisnya hahahhaa..
    kita sebagai orang tua emang harus pinter2 ngatur duit, apalagi kalo udah sampe mikirin biaya pendidikan, pusiiiiiiing
    Sharing aja, gw juga buat perencanaan biaya pendidikan, kali aja bisa jadi acuan teman2 semua!
    cara mempersiapkan biaya pendidikan anak

    BalasHapus